Senin, 13 Desember 2010

Mengenal Jenis-Jenis Motor

Mengenal Jenis-Jenis Motor
Motor adalah sebuah alat yang mengubah energi listrik menjadi tenaga mekanik. Prinsip kerja dari motor listrik ini adalah menggunakan gaya lorentz, yaitu gaya yang membuat sebuah kawat yang dialiri listrik bergerak jika didekatkan dengan medan magnet yang homogen.
lihat pada gambar diatas kawat akan melengkung jika dialiri listrik, nah gaya lorentz yang membuat kawat menjadi melengkung ke atas, Kemudian jika kawat yang dialiri listrik dibuat menjadi kumparan dan kumparan tersebut berada di dalam medan magnet yang homogen maka kumparan tadi akan berputar. Pada motor listrik bagian yang berputar disebut rotor dan bagian yang diam (statif) disebut stator, pada bagian rotor inilah terdapat kumparan yang mengakitbatkan rotor berputar.
Semakin banyak kumparannya maka semakin cepat putaran rotornya. Motor listrik dikelompokan menjadi beberapa macam tergantung cara putar motornya diantaranya adalah :
  • Motor DC
  • Motor Stepper
  • Motor Servo 
>> Motor DC
adalah motor yang berputar dengan sudut 360 derajad alias continously. Motor DC (seperti namanya) dikontrol menggunakan tegangan DC. Semakin besar tegangan DC yang dihubungkan ke motor DC maka semakin cepat pula putaran dari motor, tetapi ingat jangan terlalu banyak melebihi tegangan maximal motor DC, jika hal itu terjadi maka spul pada rotor motor DC akan putus akibat terbakar.
Motor DC ini biasanya terdapat pada mainan anak-anak, tape recorde dan msin potocopy (motor DC besar)

>>Motor Stepper
adalah motor yang arah putarnya per langkah atau "step by step". Untuk mengontrol ini dibutuhkan dari 2 pin. Berbeda dengan motor DC, motor Stepper ini pada bagian rotornya terdiri dari magnet yang solid sedangkan pada bagian statornya terdapat beberapa kumparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apapun Komentar anda Itulah Anda