Minggu, 09 Januari 2011

DVB-RCS-perhitungan-frekuensi

Setelah beberapa saat saya googling kesana kemari alhamdulillah dan akhirnya ketemu juga ....dari tetangga sebelah saya yang pinter ....

DVB-RCS – Perhitungan Frekuensi

DVB RCS



Yuk, main-main dengan DVB-RCS!

Secara garis besar, koneksi internet via satelit yang menggunakan sistem DVB dibagi 2, yaitu DVB-IP dan DVB-RCS. DVB-IP, atau biasa disebut one-way internet connection hanya menyediakan koneksi satu arah, yaitu downstream-only. Selanjutnya upstream biasa menggunakan media lain, misalnya kabel atau radio. Sedangkan DVB-RCS yang biasa disebut two-way internet connection merupakan koneksi dengan upstream dan downstream melalui satelit yang sama. Untuk lebih jelasnya, wikipedia sudah menyediakan sumber informasi yang akurat, misalnya link ini, ini, ini, dan ini.
Pada gambar di atas dapat kita lihat konfigurasi DVB-RCS secara garis besar. Tidak rumit kan :) Untuk membedakannya dengan DVB-IP, maka lihatlah gambar di sebelah kanan satelit yang hanya terdiri dari dish (tentu dengan LNB) dan DVB receiver saja. Itulah DVB-IP. Karena perhitungan frekuensi DVB-IP sudah termasuk di dalam DVB-RCS, maka saya hanya ingin membahas DVB-RCS saja.
Pertama-tama, ada baiknya kita menengok ke belakang, tepatnya pada tulisan saya beberapa bulan yang lalu mengenai Upstream Freq Calculation. OK, saya anggap kita semua telah memahami metode penghitungan frekuensi upstream yang meliputi Modem (tanpa demod) dan ODU. Kita tentukan saja, seandainya Tx Freq adalah 6332,625 MHz lalu CF di ODU diset 6325 MHz sehingga IF di Modem menjadi 77.625 MHz. Ups, detailnya lihat rumus di tulisan saya yang itu yah :)
Konfigurasi upstream telah kita kantongi, maka berikutnya kita hitung konfigurasi frekuensi untuk downstream. Saya baru ingat, ternyata rumus penghitungan frekuensi downstream sudah saya tulis beberapa bulan yang lalu, tepatnya waktu saya masih cupu :P Check this out on DVB Disaster. Dengan asumsi bahwa Tx = Rx = 6332,625 MHz, maka bergantung dari Receiver yang kita gunakan, kita bisa memakai frekuensi 4107,625 MHz pada DVB-Receiver Pentaval (C-Band) serta frekuensi 1024,375 MHz pada DVB Receiver Broadlogic dan Ipricot (L-Band).

That’s all folks <:-P
Categories: VSAT
Articles Source  : http://seno.or.id/2007/01/07/dvb-rcs-perhitungan-frekuensi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apapun Komentar anda Itulah Anda