Senin, 09 Mei 2011

Mikrotik Meremote 2 Router dengan Winbox Melalui 1 IP Publik

Penjelasan Kasus : Modem ADSL hanya digunakan sebagai jembatan saja (bridge) kemudian dial PPPOE berada pada router A yang di hubungkan ke pada Modem yang memiliki IP Publik 118.96.129.247, kemudian Ruter A dihubungkan dengan Router B dengan menggunakan Wireless Lan, Seorang Administrator menginginkan, untuk mempermudah konfigurasi pada masing-masing router dengan menggunakan winbox, namun apabila tidak ada konfigurasi yang mengarahkan dari IP Publik ke Router B maka administrator hanya bisa mengkonfigurasi Router B dengan menggunakan Telnet dan atau SSH dengan menggunakan fasilitas Telnet dan SSH yang ada pada Router A.

Berikut ini ilustrasi untuk mempermudah pemahaman anda :
Router A sudah mendapatkan IP Publik 118.96.129.247, dari sini ketika menggunakan winbox langsung tanpa menentukan port yang di tuju, maka winbox akan bekerja mengarah ke port 8291 pada Router A default Service Winbox. 

Pertanyaan : Bagaimana saya bisa mengakses Router B dengan IP Publik tersebut dengan menggunakan Winbox ? 

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut untuk mempermudah pemahaman langkah selanjutnya maka perlu tahu 
Cara menggunakan Winbox dengan menentukan Port Tertentu
Pada Connect To: ip_address : port_tujuan
contoh pada gambar di bawah ini : 118.96.129.247 : 83

Konfigurasi Router A mengarahkan IP Publik ke Router B
Sintaks
/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=ip_publik protocol=tcp dst-port=port(Pemanggil) action=dst-nat dst-address=link(Router B) dst-port=port_winbox(Router B)

Konfigurasi 
/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=118.96.129.247 protocol=tcp dst-port=83 action=dst-nat dst-address=192.168.2.2 dst-port=8291

Selesai sudah Artikel ini ada pertanyaan mengenai hal di atas atau di luar dari topik bisa SMS ke Alcom : 081227488211 / 08562889626
di tunggu komentar dan masukkannya ....






4 komentar:

  1. saya mau tanya, mungkin ini hal yang paling dassar dari seting RB. klo saya mau seting warnet saya dengan menggunakan RB baru, bagaimana langkah2nya dari awal sampai selesai.seting pembagian bandwidhtnya....terimakasih,
    sangat bersyukur sekali klo bisa di emailkan ke imail saya. ms.hilmi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Insya Allah Pak akan ku buatkan, dan akan ku postingkan, dan ku kirimkan ke-email njenengan, Kalau belum di posting mohon sms ke no hp 08562889626 di ingatkan, karena sering lupa

    BalasHapus
  3. Silahkan INi dibuka
    http://sayacatat.blogspot.com/2012/08/setting-mikrotik-untuk-game-online.html?showComment=1347499053796#c7095477508088425234

    BalasHapus
  4. aslkm..! selamat pagi..!
    langsung ketopik / problem yang terjadi pada saya:
    1. dirumah ak menggunakan 2 mikrotik RB750 mikrotik A dan B, dan sudah berhasil terkoneksi, yang mau saya tanyakan kenapa saya hanya bisa mebuka mikrotik 2/B saja sedangkan yang mikrotik 1/A tidak bisa saya buka di winbox?... bagai mana saya bisa membuka mikrotik 22nya tersebut? mohon di jawab maaf karna saya nubie
    terima sebelumnya

    BalasHapus

Apapun Komentar anda Itulah Anda