Rabu, 06 Juni 2012

Buka Usaha Bengkel Las Listrik atau Las Acetylin


Punya kemampuan mengelas? Kira-kira pangsa pasar las ada, tapi bingung mau membuka bengkel las listrik atau bengkel las acetylin?

Bengkel las ada dua. Bengkel las listrik dan bengkel las acetylin(karbit). Bengkel las listrik untuk mengerjakan pengerjaan kontruksi baja, misalnya pembuatan pintu gerbang besi, tralis jendela pintu, jembatan atau untuk kuda-kuda rumah dan rangka baja rumah.



Bengkel Las Acetylin 
mengerjakan plat-plat tipis bukan rangka, misalnya, service radiator mobil dan servis kenalpot sepeda motor. Las acetylin tidak menggunakan listrik, tapi hanya menggunakan perpaduan antara gas karbit (acetylin) dengan O2 (Oksigen) yang diatur oleh blender.

Tingkat bahaya bengkel las acetylin lebih tinggi dari bengkel listrik. Hal ini karena operator las acetylin harus benar-benar mengetahui cara setting regulator oksigen dan acetylin. kalau tidak bisa meledak dan menimbulkan kebakaran.

Untuk pengamannya harus secara periodik melakukan pengecekan terhadap selang acetylin, regulator, klem-klem pengikat selang acetylin dan juga secara periodik mata blender harus dibersihkan. Kedisiplinan operator las acetylin akan bisa menentukan keselamatan dan kelanjutan bisni ini.

Rincian Biaya Modal : 
1. Tabung Oksigen                     : Rp 2 juta
2. Tabung Acetylyn                    : Rp 2 juta
3. Regulator, selang, blender       : Rp 3 juta

4. Perlengkapan lain
    (grinda, gergaji, kacamata las) : Rp 2.5 juta
5. Tempat ukuran 3 x 3 meter

Kelemahan
1. Untuk membawa alat perlu mobil atau gerobak sehingga perlu biaya yang lebih mahal
2. Resiko meledak lebih tinggi (tergantung ketelitian operator las)

Kelebihan Segmen Pasar
1. Pengerjaan otomotif
2. Pengerjaan besi-besi ringan



Bengkel Las Listrik
Sumber tenaga las listrik adalah trafo listrik dengan bahan tambah yang disebut elektroda las,. Elektroda las jenisnya menyesuaikan jenis baja yang dilas. Maksudnya, misalnya, mengelas mild steel cukup dengan tipe RD kawat las tau RB untuk baja karbon tinggi, menggunakan kawat las tipe problem steel, kalau mengelas baja stainless dengan elektroda stainless juga.


Untuk membuka bisnis Listrik lebih murah. dengan modal 3 juta untuk membeli trafo berkekuatan sekitar 1.300 watt ditambah kacamata las,grinda, gergaji tangan


Rincian Biaya Modal : 
1. Trafo las 1.300 watt                : Rp 2 juta
2. Perlengkapan lain
    (grinda, gergaji, kacamata las) : Rp 2.5 juta
5. Tempat ukuran 3 x 3 meter

Kelemahan
1. Memerlukan listrik yang besar
2. Produksi terhenti apabila mengambil listrik dari PLN



Kelebihan Segmen Pasar

1. Pengerjaan dari segmen ter ringan hingga besar (Jembatan, tralis, pintu, kap rumah)
2. Pengerjaan besi-besi tebal/berat
3. Peralatan mudah dibawa sehingga dapat menjangkau semua tempat



5 komentar:

  1. Terima Kasih infonya sangat bermanfaat,sy kebetulan mau buka usaha las listrik & las stainless

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bapak VIERDI
      bagaimana kalau kita bekerja sama.
      Kami Bengkel Las Surya yang berada di Jl Girilaya 1 No 1 Surabaya didukung oleh Girilaya Real Groups dalam promosinya sangat mengharapkan kerjasamanya, Terimakasih.

      Hapus
  2. Proposalnya sangat menjanjikan sekali.
    kami selaku Bengkel Las Listrik Surya Surabaya sangat terbantu dengan propsal perhitungan yang bapak admin lakukan.

    sekali lagi kami mengucapkan Terima kasih
    salam

    Girilaya Real Groups

    BalasHapus
  3. Informasi yang menarik, thank you

    BalasHapus
  4. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus

Apapun Komentar anda Itulah Anda